Monday, August 16

jakarta di waktu ramadhan





hari ini untuk pertama kalinya pulang kerumah ketika sholat tarawih dimasjid depan rumah uda mulai,,biasanya selalu membiasakan diri pulang sebelum jam 5..entahlah merasa nyaman aja klo bisa pulang jam segitu,,bisa mandi,,siapin buka,,goreng empek2 (lagi),nugget,angetin sayur apa,oseng tempe,teri medan fave,dll..jadi tiba waktu buka uda siap dan bisa ikut tarawih..

hari ini ada tmn yang ajakin ifthor bareng,kami pergi bertiga,sama temen akhwat sebut saja O dan kk tingkat ikhwan sebut aja bang A..pgn ifthor brg tapi ga tau tempat tujuannya dimana,yg jelas cm pgn kumpul aja,itu alasannya.! dan bagi saya karena ini ifthor gratisan,hehe (si Bang A lagi ketiban rezeki mgkn,,moga dimurahkan Alloh rezekinya ya Bang..)

akhirnya diputuskan pergi ke lapangan banteng,saya inget ada festival dan pamera disana,bukan hanya makanan,tapi ada pameran flora,,berhubung saya dan temen akhwat saya suka dg tanaman jadi qt bener2 bisa menikmati,,liat kaktus lucu2,tanaman yg harganya 1 daunya 1juta,nyentuh aja merinding,,takut robek,,niat ifthor bbrp puluh ribu malah jadi gulung tikar,,abang A,,ah jgn ditanya??pizz Bang!

subhanallah ternyata disana lagi ada lomba MTQ,,jadi qt sempet liat2,dgrin yang tilawah,,bgs2 meskipun masih pada kecil,,lapangan banteng jadi rame anak2 TPA..plus pasutri2 dg anak2nya tentunya..
oia, ada tukang jualan maenan anak yg byk kelap kelip lampunya itu,,kita cuma liat2 aja,,lucu! waktu kecil perasaan belum ada maenan ky gitu,kenalannya cm BP BP an,mobilan,masak2an..tb2 aja si Bang A nawarin beliin maenan pentungan itu,,haha..awalnya saya pikir becanda,,ternyata beneran...jadi deh kita dapat maenan itu..iseng kita maenin berdua..lagi asyik jalan,tb2 ada sekumpulan anak kecil yang sedang memegang maenan yg sama dg kami,,haha..anak umur 3-4th...so ???

prolog yang panjang ya,,tp ada kaitannya dg tulisan yg mau dibahas berikutnya...

Jakarta diwaktu ramadhan,,1 kata..RAME!



klo dipikir2, jam 7-9 adalah jamnya org tarawih,,klo dihitung2 misalkan dalam 1masjid 100-200 org dikali 50 masjid yang ada dijakarta bisa 5000-10000 org dalam masjid kan,,tapi kenapa jalanan jakarta masih rame??

kalo dipikir2 lagi, jam2 buka puasa,,pasti banyak org2 yang menghabiskan waktu untuk berbuka bersama di resto-resto bagus,,misalkan dalam 1 resto ada 30-50org dikali 30resto di Jakarta bisa 900-1500 org dalam resto,,tapi kenapa jalanan jakarta masih juga ttp rame??

klo dipikir2 terus, pasti ada juga org2 yang bukpus dan tarawih bersama keluarga, jadi mereka ga keluar rumah,,misal ada 5 org dalam 1 keluarga dikali 100 keluarga jadi 500 org..huaa tp kenapa jalanan jakarta tetep rame juga sih??

ah,,entahlah..ramadhan bener2 merubah segalanya..ya pengamen yg "dituntut" nyanyi lagu2 islami, biar bs dapat tmbhn recehan lebih byk,krn ini lagi ramadhan pasti org2 lagi seneng sedekah apalagi klo lagu2nya islami...ya band2 yang pindah aliran jadi lagu religi..ya petugas busway yang pake baju koko dan jilbab...ya pencopet yang mulai berkurang...ya artis yang mule sering mengekspos diri dg acara2 open house dg anak2 panti asuhan tapi terkadang lupa kalo pakaiannya juga kudu di "ramadhanin"..ya mall2 yg menyetel nasyid2 di gedung mereka,,bahkan harga minyak,beras,bumbu2 pun ikutan "ramadhan" muahal tenan rek,,untuk hidup 2 org aja uda berat...ga kebayang nantinya..(ga usa dibayang2in dulu deh..*sensor*)

tapi sayang itu cuma terjadi dalam 1 bulan... di Jakarta-ku ini..mungkin juga ditempatmu ya teman...

hev a niz ramadhan..! :)



yuk buat ramadhan lebih rame dg tilawah,,dg tarawih,,dg dhuha,,dg QL,,dan dg amalan2 lainnya,,,meski tak rame dihadapan manusia..tp sangat rame didalam hati kita dan dihadapan Alloh..



No comments:

Post a Comment