Monday, August 16

ketidakproduktifan....apa sih ini??

habis sahur,,suhur,,mata susah bgt diajak merem,,tp emang ga baek jg tidur setelah subuh..mau belajar mata katanya ada pre test (haha,,gaya bgt!) tapi diktatnya dipinjem tmn waktu tk.4 dan sy lupa siapa! jadi yah yuk nulis aja.. 

dulu masih zaman kanak2 (baca: tk.1.red),mengenal kata2 ini dari seorang pimpinan sy di koran kampus yg hobi bgt "menindas" anggotanya utk baca sewaktu liburan,! lupa kali ya pimpinan sy itu, sehari2 aja uda baca byk diktat,ngejer detlen artikel ini,wawancara tokoh ini yg musti didgr ulang via walkman klo mau ditulis..cape lihat huruf terus menerus,,jadi kangen angka..apalagi angka2 yg bisa dijual belikan jd brg2/makanan,haha.. 
katanya kalo jadi reporter itu harus produktif,,tulisannya pun produktif,,(entah maksudnya ini apa?)mgkn karena IQ beliau >200 jadi otak sy ga sampe.. 

agak tinggi dikit, tk.2 nah dgr juga kata2 ini waktu ikut acara di MUI,seorang akh blg,,jadi muslim itu harus produktif,,waktunya juga produktif..! duh lagi2 produktif! kalo dicari dalam kamus bahasa indonesia produk : hasil,, tif mgkn pendekan dari aktif ya?? (ngarang habis) artinya bergerak..klo dijadiin satu jadinya produk yg bergerak.! 

lebih tinggi lagi tk.3,,waktu itu ex.ketua PSDM fsi yang bilang,,duhh,,"susah nih akhwat2nya kalo uda nikah aja,,jadi ga produktif semua,,amanahnya jadi terlantar"..(kebetulan waktu itu lagi musim nikahan) sy yang masih polos bertanya "emang beneran bang kaya gt??akhwat aja?ikhwannya engga gt?" dalam hati saya mikir,,kan klo nikah itu ikhwan-akhwat bukan akhwat aja,,kenapa cm akhwat yg disebut ga produktif?? (masih ttp bingung sampe saat itu!) 

jauh lebih tinggi tk.4,,ketika sy lagi pegang amanah jadi salah satu ketua departemen,,tb2 ada mba2 "de,,afwan ya kalo selama ini mba kurang produktif bantuin shally disini.." sy yang masih bingung dg makna sesungguhnya produktif cm bisa ngangguk2 aja.."gpp mba,,aq tau koq sibuknya kalo uda nikah (teringat keluhan ex.ketua psdm itu)" sebenarnya bingung juga,,klo da nikah kan ga langsung punya anak,,jadi apa yg buat repot ya? urus suami mungkin pikir saya,,tapi kan suami uda besar,,biasa juga urus diri sendiri sblm nikah,,kenapa repot ya? masih ttp bingung... 

hampir mencapai puncak tk.5..waktu itu kebetulan lagi dapat materi ttg produktifitas dalam beramal..yup! disini baru terjawab semua..makasih ibuuuuuuu,,,,banyak bgt hal yg membuat qt jadi tidak produktif dalam beramal,ya keluarga, ya suami/istri, ya anak,ya sekolah,ya tanggungjawab lain, ya ya ya yang lain... 
and back to our self,,mau jadi tidak produktifkah karena ya ya diatas ato tetap produktif meski ya ya diatas ada didepan mata... 

ada kisah seorang syahid,,yang harus gugur dimalam pertamanya..produktifkah beliau? selama ini berjuang bersama nabi seketika diberikan hadiah seorang istri yg sholehah,,br malam pertama pun tidak sempat menikmati hadiah itu.. 

ada ustadz/ah yang anak2nya byk,kurang dari 5 itu biasa,meski sy yakin sy juga ga sanggup,,lebih dari 7 subhanallah..anak2 yg lahirnya berdekatan otomatis masa pertumbuhannya kurang lebih sama, harus sm2 dapat perhatian,sm2 didengerin permintaannya,,tetapi disisi lain orangtuanya harus menunaikan amanahnya..mending klo cuma jadi ustadz/ah yang nunggu panggilan untuk isi ceramah,,lah klo pny kerjaan yg tg,jwabnya besar utk negara..otomatis anak2 harus sering ditinggal2..tapi hasilnya mereka bisa menghasilkan anak2 yang luar biasa..kuliah ke LN dg beasiswa,,jadi pimpinan suatu lembaga,,bekerja di perusahaan asing dg pengaruh yg besar..produktifkah mereka?? 

ato kisah siti maryam,,yang membesarkan seorang anak single parents..tapi subhanallah menjadi anak yang terkenal sampai akhir zaman,,nabi isa as..(meski tak menampik ada campur tangan Alloh didalamnya) 

yah,,klo dipikir2 semua ada campur tangan Alloh.. 

dan sekarang di puncak..tk.6 mau jadi produktif? the choice is yours!! 
ramadhan ini tentunya harus produktif..!! tidur dan amalan seimbang?? 

btw,,buat yg uda jadi dokter namanya apa ya? topik? top-peak? :) whatever lah.. 

No comments:

Post a Comment